::

Navbar Bawah

Search This Blog

Wednesday 7 August 2013

KELIRUNYA UCAPAN HARI RAYA DI INDONESIA

"KELIRUNYA UCAPAN HARI RAYA DI INDONESIA"

بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Sejalan dengan akan datangnya Idul Fitri, sering kita dengar tersebar ucapan: “MOHON MAAF LAHIR & BATHIN ”.
Seolah2 saat Idul Fitri hanya khusus dengan ucapan semacam itu. Sungguh sebuah salah kaprah, karena Idul Fitri bukanlah waktu khusus untuk saling maaf memaafkan. Memaafkan bisa kapan saja, tidak terpaku dihari Idul Fitri. Demikian Rasul mengajarkan kita. Tidak ada satu ayat Qur'an ataupun suatu Hadist yang menunjukan keharusan mengucapkan “ Mohon Maaf Lahir dan Batin ” disaat Idul Fitri.
Satu lagi, ucapan yang keliru saat Idhul Fithri, yakni ucapan : "MINAL 'AIDIN WAL FAIZIN". Arti dari ucapan tersebut adalah :
“ Kita kembali dan meraih kemenangan ” KITA MAU KEMBALI KEMANA ??? Apa pada ketaatan atau kemaksiatan ???
MERAIH KEMENANGAN ? Kemenangan apa ? Apakah kita menang melawan bulan Ramadhan sehingga kita bisa kembali berbuat keburukan ?
 Satu hal lagi yang mesti dipahami, setiap kali ada yang ucapkan “ Minal ‘Aidin wal Faizin ” lantas diikuti dengan kalimat “ Mohon Maaf Lahir dan Batin ”. Karena mungkin kita mengira artinya. adalah kalimat selanjutnya. Ini sungguh KELIRU luar biasa. Coba saja sampaikan kalimat itu pada saudara2 seiman kita di Pakistan, Turki, Saudi Arabia atau negara2 lain....PASTI PADA BINGUNG ....=-? =-? :s
 Sebagaimana diterangkan di atas, dari sisi makna kalimat ini keliru sehingga sudah sepantasnya kita HINDARI. Ucapan yang lebih baik dan dicontohkan langsung oleh para sahabat Rasulullah, yaitu : “TAQOBBAL ALLAHU MINNA WA MINKUM" Semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian ) Jadi lebih baik, ucapan / SMS /BBM kita : " Selamat Hari Raya Idul Fitri. Taqobbal Allahu minna wa minkum " ( Semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian )
Semoga risalah ini bermanfaat dan saling berbagi niat untuk meluruskan kekeliruan yang selama ini terjadi...
WaAllahu A'lam

kami team CyBerbintauna Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H. Taqobbal Allahu minna wa minkum :D

Untuk berlangganan Artikel silahkan Masukkan email anda kemudian cek inbox email

DMCA.com

Author : Unknown

faceblog evolutions Setelah anda membaca artikel tentang KELIRUNYA UCAPAN HARI RAYA DI INDONESIA jika bermanfaat, silahkan tekan tombol Share. Anda juga boleh menyalin / menyebarluaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :

Baca Juga:

Judul: KELIRUNYA UCAPAN HARI RAYA DI INDONESIA
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
klik disini untuk menambahkan komentar blogger

Terimakasih atas kunjungan Sobat pada artikel ini,dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar sobat tentang artikel ini.

0   comments

"Komentar anda menunjukkan pribadi Anda".
Silahkan tinggalkan komentar bijak yang bersifat kesan/pesan/kritik dan saran terhadap postingan!

Cancel Reply