::

Navbar Bawah

Search This Blog

Thursday 8 August 2013

Intel Terus Andalkan Atom untuk Tablet dan Smartphone


Pasar PC yang semakin anjlog menggerus bisnis perusahaan-perusahaan yang terlibat di dalamnya termasuk Intel.  Sebagai pemasok utama prosesor PC, Intel mengalami penurunan pendapatan seperti yang telah diumumkan Rabu (17/7) lalu.
Pada kuartal kedua yang berakhir 29 Juni lalu, Intel hanya meraih pendapatan sebesar $12,8 milyar, turun 5%. Keuntungannya pun menukik lebih tajam yaitu turun 29% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sehingga menjadi cuma $ 2 milyar.
Selain terimbas pasar PC, Intel juga telah tertinggal di pasar tablet dan smartphone yang tumbuh pesat beberapa tahun belakangan. Brian Krzanich, CEO Intel yang baru, mengakui Intel telah lambat merespon pasar tablet. Ia tak mau terperosok di lubang yang sama, Intel akan mengejar ketertinggalannya di pasar ini.
Chip Atom yang mengonsumsi daya listrik rendah yang digadang-gadang menjadi “amunisi” mengejar ketertinggalannya. Atom yang pada awalnya digunakan pada netbook akan menjadi bagian penting dari bisnis Intel. Chip Atom mendatang yang berbasis pada core baru Silvermont akan dapat menjalankan sistem operasi Windows dan Android. Bahkan juga ada prosesor Atom untuk server yang dirancang untuk menyaingi server berbasis ARM yang konsumsi daya listriknya rendah.
Ada dua jenis chip Atom yang dipersiapkan untuk memperluas pijakannya di pasar tablet dan smartphone, yaitu Bay Trail dan Merryfield. Bay Trail akan digunakan pada peranti hybrid berlayar sentuh dan tablet pada semester kedua tahun ini. Kata Krzanich Bay Trail akan dipakai untuk tablet seharga $199 ke bawah. “Bahkan Anda akan melihatnya dengan harga yang lebih rendah, $150, dan lebih rendah dari itu, pada musim liburan mendatang,” kata Krzanich, seperti dikutip oleh Computerworld.com.
Intel akan memproduksi chip Atom menggunakan manufacturing process terbaru, 14 nanometer, sama dengan prosesor Core. Manufacturing process yang baru menghasilkan transistor yang lebih cepat dan konsumsi daya yang lebih rendah.
Chip di atas akan menyusul Haswell yang segera meluncur. Haswell akan dipakai pada noteobok di bawah $400 bahkan di bawah $300, tidak hanya yang berdesain clamshell tetapi juga convertible.


Untuk berlangganan Artikel silahkan Masukkan email anda kemudian cek inbox email

DMCA.com

Author : Unknown

faceblog evolutions Setelah anda membaca artikel tentang Intel Terus Andalkan Atom untuk Tablet dan Smartphone jika bermanfaat, silahkan tekan tombol Share. Anda juga boleh menyalin / menyebarluaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :

Baca Juga:

Judul: Intel Terus Andalkan Atom untuk Tablet dan Smartphone
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
klik disini untuk menambahkan komentar blogger

Terimakasih atas kunjungan Sobat pada artikel ini,dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar sobat tentang artikel ini.

0   comments

"Komentar anda menunjukkan pribadi Anda".
Silahkan tinggalkan komentar bijak yang bersifat kesan/pesan/kritik dan saran terhadap postingan!

Cancel Reply