::

Navbar Bawah

Search This Blog

Tuesday 7 December 2010

Install Font

Anda bosan dengan model dan jenis huruf (font) dikomputer Anda? Apakah Anda pernah berpikir untuk menambah atau meng-install model huruf dikomputer yang Anda miliki?Nothing impossible, Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini untukmenambah koleksi huruf atau font pada komputer.
Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah file font. File inilah yang akan kita masukkan kedalam komputer, file yang bertype True Type Font file ini sangat banyak jenisnya; berikut adalah contoh file font yang bisa Anda download:

Selain koleksi master file font, kita juga membutuhkan aplikasi untuk meng-install file font tersebut. Aplikasi ini sifatnya opsional, artinya bukan sebuah keharusan. Aplikasiinstall font diperlukan untuk memudahkan kita dalam memilih dan meng-install jenis huruf kedalam komputer. Tanpa aplikasi peng-install font pun kita juga bisa menambah jenis huruf kedalam komputer, sebab Sistem Operasi Windows sudah menyediakan tool untuk itu; berikut alternatif cara meng-install model huruf:
Install Font Melalui Control Panel
Tidak perlu repot-repot meng-install tool untuk menambah jenis font kedalam komputer, pada Windows sudah menyediakan fasilitas untuk menambah jenis font; yaitu pada Control Panel => Fonts.  Anda dapat melihat gambar dibawah ini:



Setelah Anda melakukan klik 2 kali (double click) icon Fonts pada Control Panel, akan tampil gambar dibawah ini yang merupakan daftar jenis font yang telah terpasang (ter-install) pada

komputer Anda.

Untuk menambah jenis font-nya, klik File => Install New Font. Akan tampil jendela “Add Fonts”. Perhatikan gambar dibawah ini!
Dari gambar diatas, carilah letak file font Anda lalu klik Select All (memilih semua jenis file font Anda) atau pilih salah satu bila Anda hanya ingin menambah beberapa jenis font saja. Setelah itu klik Ok. Untuk memastikan apakah jenis font yang Anda install sukses, coba buka Microsoft Word lalu cek pada daftar jenis font-nya. Jika tidak ada, berarti proses instalasi font belum berhasil; jika sudah maka instalasi font sukses. Gambar berikut adalah contoh font jenis “masque” yang berhasil di install:
Install Font Menggunakan Program Utilitas
Banyak sekali program utilitas yang bisa dimanfaatkan untuk meng-install font. Namun pada tulisan ini kita akan mengambil contoh utilitas bawaan dari Corel yaitu Bitstream Font Navigator. Program utilitas Bitstream Font Navigator ini menjadi satu paket dengan Corel Draw. meskipun dengan menggunakan fasilitas Windows kita sudah bisa menginstall font, namun dengan program utilitas instalasi font relatif lebih mudah. Selain itu dengan program utilitas ini, kita bisa melihat sample font sebelum memutuskan untuk meng-install.
Untuk menggunakan utilitas Bitstream Font Navigator, klik Start => Programs =>CorelDraw Graphics Suite 12 (jika coreldraw yang Anda gunakan adalah CorelDraw versi 12) => pilih Bitstream Font Navigator. Akan muncul gambar dibawah ini:
Gambar diatas adalah program Bitstream Font Navigator. Untuk menambah atau meng-install model/jenis font baru sangat mudah, yaitu dengan Drag and Drop jenis font yang ada dalam “daftar master font” kedalam “daftar font yang telah di install”. Atau dengan klik kanan nama font dari “daftar master font” lalu klik Install Fonts.
Sedangkan untuk menghapus atau uninstall font yang telah ada dalam komputer, Anda tinggal klik kanan nama font pada “daftar font yang telah diinstall” kemudian klik UnInstall Font.
Selamat mencoba :)



Untuk berlangganan Artikel silahkan Masukkan email anda kemudian cek inbox email

DMCA.com

Author : Unknown

faceblog evolutions Setelah anda membaca artikel tentang Install Font jika bermanfaat, silahkan tekan tombol Share. Anda juga boleh menyalin / menyebarluaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :

Baca Juga:

Judul: Install Font
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
klik disini untuk menambahkan komentar blogger

Terimakasih atas kunjungan Sobat pada artikel ini,dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar sobat tentang artikel ini.

0   comments

"Komentar anda menunjukkan pribadi Anda".
Silahkan tinggalkan komentar bijak yang bersifat kesan/pesan/kritik dan saran terhadap postingan!

Cancel Reply